32.8 C
Surabaya
28 April 2025, 17:43 PM WIB

Face Recognition Digunakan di 21 Stasiun Selama Arus Lebaran 2025

METROTODAY, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 694.960 penumpang memanfaatkan teknologi face recognition (FR) selama masa Angkutan Lebaran 2025, dari 21 Maret hingga 8 April 2025.

Teknologi ini dinilai efektif mengurangi antrean dan mempercepat proses boarding.Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa sistem boarding berbasis wajah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi layanan, tetapi juga ramah lingkungan.

“Selama periode tersebut, 1.655 rol kertas tiket berhasil dihemat, setara penghematan biaya Rp24,8 juta,” kata Anne dalam siaran resmi PT KAI.

Sejak diluncurkan pada 2022, sistem FR telah digunakan lebih dari 12 juta pelanggan. Tahun ini saja, hingga 7 April 2025, tercatat 2,6 juta penumpang menggunakan layanan tersebut.

Sistem ini kini tersedia di 21 stasiun utama, termasuk Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng—yang menjadi stasiun dengan volume penumpang tertinggi selama masa mudik dan balik Lebaran.

Total hingga 8 April 2025, KAI telah menjual lebih dari 4,4 juta tiket, dengan okupansi KA Jarak Jauh mencapai 108,25%. KAI berkomitmen memperluas layanan face recognition ke lebih banyak stasiun sebagai bagian dari transformasi digital dan keberlanjutan layanan transportasi.(*)

METROTODAY, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 694.960 penumpang memanfaatkan teknologi face recognition (FR) selama masa Angkutan Lebaran 2025, dari 21 Maret hingga 8 April 2025.

Teknologi ini dinilai efektif mengurangi antrean dan mempercepat proses boarding.Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa sistem boarding berbasis wajah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi layanan, tetapi juga ramah lingkungan.

“Selama periode tersebut, 1.655 rol kertas tiket berhasil dihemat, setara penghematan biaya Rp24,8 juta,” kata Anne dalam siaran resmi PT KAI.

Sejak diluncurkan pada 2022, sistem FR telah digunakan lebih dari 12 juta pelanggan. Tahun ini saja, hingga 7 April 2025, tercatat 2,6 juta penumpang menggunakan layanan tersebut.

Sistem ini kini tersedia di 21 stasiun utama, termasuk Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng—yang menjadi stasiun dengan volume penumpang tertinggi selama masa mudik dan balik Lebaran.

Total hingga 8 April 2025, KAI telah menjual lebih dari 4,4 juta tiket, dengan okupansi KA Jarak Jauh mencapai 108,25%. KAI berkomitmen memperluas layanan face recognition ke lebih banyak stasiun sebagai bagian dari transformasi digital dan keberlanjutan layanan transportasi.(*)

Artikel Terkait

Terpopuler

Artikel Terbaru

Artikel Terkait

/